Forum Lingkar Pena (FLP) Adalah Sebuah Wadah Komunitas Para Penulis. Di Sini Para Penulis Berkumpul, Saling Berbagi dan Menebar Semangat.

Menentukan Prioritas


Menentukan Prioritas

[Rindang Yuliani]


Baru-baru ini aku membuat daftar prioritas di buku agendaku. Sebelum membuat daftar prioritas, aku membuat list berbagai hal apa saja yang menyibukkanku selama ini. Akhir-akhir ini aku memang merasa overwhelmed karena overload pekerjaan. Oleh karena itu aku memutuskan untuk membuat daftar apa saja yang selama ini aku kerjakan dan yang diamanahkan kepadaku.

 

Ternyata ada sekitar 18 hal yang selama ini menyibukkan kehidupanku. Mulai dari keluarga, pekerjaan kantor, amanah dalam organisasi, pekerjaan online, kelas-kelas menulis, dan sebagainya.

 

Poin-poin tersebut kudapatkan dari grup WA yang kuikuti, sisanya di kehidupan nyata. Jika ada grup WA yang di dalamnya aku sama sekali tidka berkontribusi dan grupnya juga tidak terlalu penting bagi perkembangan pribadiku, aku lebih memilih untuk left saja. Mengosongkan memori dan melegakan beban kehidupan.

 

Selanjutnya, aku mengurutkan ke-18 hal tersebut dari yang paling penting sampai ke yang paling tidak penting di bulan ini. Ya, hanya pada bulan ini karena kupikir bulan depan aku bisa mengubah prioritasku (jika memungkinkan) sehingga hidupku lebih bervariasi.

 

Hal-hal yang tidak terlalu penting atau yang selalu menjadi bagian terbawah prioritas akan masuk menjadi calon yang kudelete dari kehidupanku. Dengan catatan amanah atau kewajibanku sudah selesai di sana. Sekali lagi, ini untuk melegakan pikiran dan hidup yang semakin padat. Catatan untuk diriku sendiri, aku harus bisa tegas berkata tidak jika datang tawaran (yang termasuk dalam bukan prioritas) datang kepadaku. Biasanya aku sulit menolak tawaran. Jadi targetku 18 hal tersebut akan berkurang menjadi sekitar 15 buah saja atau kurang.

 

Next, aku akan membuat rincian hal-hal apa saja yang harus aku kerjakan secara maksimal dari 18 hal tersebut. Sub-poinnya. Jadi, setiap bulan bisa saja setiap sub-poinnya berebda. Tergantung prioritasku bulan tersebut. Ngerti kan maksudku? Untuk menjalani hidup yang baik, kita tentu saja harus maksimal melakukan hal yang kita mampu dan yang kita mau.

 

Dengan membuat daftar begini aku merasa hidupku lebih terarah. Aku tidak lagi kelabakan, aku sudah tahu apa tujuanku.

 

Nah, aku jadi ingat latar belakang lain aku membuat daftar prioritas seperti ini karena awalnya aku sering merasa insecure. Setiap melihat pencapaian orang lain, aku insecure. Kapan ya aku juga bisa begitu? Padahal aku tidak tahu usaha apa yang sudah dilakukan oleh orang lain untuk mencapai hal tersebut.

 

Jadi dengan menentukan prioritas begini aku sudah tidak terganggu lagi dengan pencapaian orang lain. Hidupku lebih slow. Aku hidup dengan lebih lega dan tidak menyalahkan diriku atas kecepatan hidupku. Aku tidak sedang berpacu dengan orang lain. []

Share:

No comments:

Post a Comment

Most Recent

3/recent/post-list

Popular Posts

Labels

Recent Posts

Kata Kata Bijak

  • Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.
  • Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.
  • Pramoedya Ananta Toer

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.